News

Revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru Ditargetkan Tuntas 4 Bulan

 

SUARA PEKANBARU - Revitalisasi atau pembangunan ulang Pasar Palapa di Jalan Durian dalam bentuk hall besar berukuran 25 x 30 meter, ditargetkan tuntas dalam waktu empat bulan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, target yang ditetapkan itu sesuai kontrak kerjasama dengan kontraktor pelaksana yakni CV Jaya Hoky Sejahtera.

Yang mana berdasarkan kontrak kerjasama tertanggal 19 Juni 2023 tersebut, revitalisasi dengan anggaran sebesar Rp2.791.647.140 itu harus tuntas dalam waktu 120 hari kalender.

"Saat ini kita sedang merencanakan untuk groundbreaking-nya (peletakan batu pertama). Kita sedang menunggu kesiapan pelaksana (koktraktor) dan juga kesiapan waktu pak wali dan Kemendag. Karena ini anggaran dari Kemendag, kita minta mereka juga hadir di dalam groundbreaking nanti," ucapnya, Rabu (12/7).

Sesuai konsep awal, kata Ami, sapaan akrabnya, bagian dalam bangunan Pasar Palapa nanti cukup luas dengan sirkulasi udara yang baik. Untuk pencahayaan bakal menggunakan lampu hemat energi.

Dibangun dalam bentuk bangunan satu lantai, Pasar Palala nanti mampu menampung sekitar 80 pedagang yang terdiri dari pedagang ikan, daging, ayam, serta sayur dan bumbu.

Khusus untuk pedagang ikan, lanjut dia, nantinya akan dibangun los di bagian belakang. "Jadi los ikan ini kita bangun di bagian belakang, untuk pasar basah," ucapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di 2023 ini mendapat alokasi anggaran sebesar Rp3 miliar dari Kementerian Perdagangan untuk melakukan revitalisasi Pasar Pala.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan