News

Calon Pengantin di Pekanbaru Diminta Turut Serta Pengentasan Stunting

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sangat serius dalam upaya mengentaskan stunting yang mengganggu pertumbuhan generasi harapan bangsa.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengimbau agar pasangan calon pengantin juga dapat berkontribusi dan mendukung upaya-upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah menginstal aplikasi eletronik siap nikah dan hamil (Elsimil).

Melalui aplikasi ini pasangan tersebut bisa mendapatkan pendamping atau edukasi menjelang pernikahan dan kehamilan secara online.

"Elsimil bertujuan sebagai edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil. Aplikasi ini bisa di download melalui smartphone, dan dapat digunakan untuk pendampingan online bagi calon pengantin terkait persiapan pra nikah hingga masa kehamilan," ujarnya, Jumat (30/06/20323).

Menurutnya, calon pengantin saat ini juga diwajibkan menyertakan sertifikat ELSIMIL sebagai persyaratan daftar nikah di KUA. "Kami mendorong agar para calon pengantin bisa mendapat sertifikat Elsimil sebelum melangsungkan pernikahan," jelasnya.

Aplikasi ini menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping sehingga bisa memberi edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil. Adanya aplikasi ini untuk untuk memantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatmen peningkatan status gizi untuk mencegah terjadinya bayi lahir stunting atau gizi buruk.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan