News

Pemprov Riau Tindaklanjuti Program Hibah Compact 2 MCC

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar rapat perkembangan kerja sama tentang program hibah Compact-2 Millennium Challenge Compact (MCC) Amerika Serikat. Pertemuan tersebut membahas Proyek Fasilitas Kapal Ferry Roll-On/Roll-Off (Roro) Dumai – Pulau Rupat.

Dalam kegiatan ini, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar secara langsung memimpin rapat yang di dampingi oleh Kepala Bappeda Litbang Provinsi Riau Emri Juli Harnis dan Manager Millennium Challenge Account-Indonesia (MCA-Indonesia) Regional Riau, Muhammad Ikhsan. Rapat dilaknasakan di Ruang Rapat Bappeda Litbang Provinsi Riau, Senin (03/07/2023).

Gubri Syamsuar mengatakan, rancangan persiapan untuk pembuatan pelabuhan berkaitan dengan usulan proyek infrastruktur di Kota Dumai dan Pulau Rupat tersebut harus dilakukan koordinasi bersama. Menurutnya, pembangunan bukan hanya tanggungjawab Pemprov Riau saja tetapi juga wewenang Pemkab Bengkalis dan Pemko Dumai.

“Persiapan tentang pembuatan atau studi kelayakan proyek pelabuhan kapal roro penghubung Dumai dan Pulau Rupat ini untuk dimaklumi tahapan ini memang kita kerjakan secara bersama. Baik bersama Pemprov, Pemerintah Kota Dumai dan juga Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” katanya.

 

Orang nomor satu di Provinsi Riau itu menjelaskan, pemerintah daerah harus dapat memastikan kawasan sekitar pembangunan bisa terbebas dari perizinan perusahaan yang ada. Sebab, tujuan utama dari adanya pembangunan pelabuhan itu tentu saja untuk memerangi kemiskinan melalui pertumbuhan Ekonomi berkelanjutan.

“Saya melihat Dermaga 2 Dumai yang akan dibangun ini masih termasuk di kawasan PT. Pertamina Patra Niaga. Oleh karena itu saya minta Wali Kota Dumai agar bisa membicarakan tentang perizinannya. Soalnya waktu bertemu Menteri BUMN, beliau sangat setuju adanya pembangunan pelabuhan roro ini. Sebab kalau sudah jadi, ini juga bisa menjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan