News

Enam Daerah di Riau Capai UHC

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus mengupayakan lebih banyak kabupaten/kota yang terlibat pada program percepatan perluasan cakupan Jaminan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC).

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Ada dua elemen inti dalam UHC diantaranya akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga, dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah ada enam kabupaten/kota yang mencapai program UHC diantaranya Pelalawan, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Dumai, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

"UHC kita saat ini ada 6 daerah nanti akan menyusul lagi 2 daerah yakni Pekanbaru dan Siak," kata Syamsuar saat diwawancarai di Gedung Daerah Pauh Janggi, Jumat (23/6/2023).

Orang nomor satu di Riau ini berharap daerah yang belum mencapai program UHC dapat mengikuti jejak daerah yang sudah mencapai UHC sehingga pada akhir tahun 2023 capaian Jaminan Kesehatan Provinsi Riau 98% sesuai dengan target Nasional.

"Kami akan lakukan percepatan Jaminan Kesehatan Semesta untuk daerah yang belum. Mudah-mudahan tahun depan seluruh kabupaten kota di Riau sudah mencapai UHC," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan