News

Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Diperkirakan Naik 15 Persen Dibanding Tahun Lalu

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, di Idul Adha 1444 H/2023 M ini memperkirakan ada kenaikan kebutuhan hewan kurban sekitar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada Idul Adha 1443 H/2022 M, kebutuhan hewan kurban di Ibukota Provinsi Riau mencapai 8.300 ekor.

"Sementara tahun ini estimasinya mencapai 9.500 ekor. Kita perkirakan kenaikan sekitar 15 persen dibandingkan dengan tahun lalu," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus, Senin (5/6).

Ia menyampaikan, adanya kenaikan kebutuhan hewan kurban lantaran perekonomian sudah mulai membaik pasac pandemi Covid-19.

"Tahun ini kita melihat perkembangan, tak ada lagi pembatasan covid-19 sehingga diperkirakan bakal ada peningkatan (kebutuhan hewan kurban)," ujarnya.

Untuk memastikan hewan kurban layak, lanjut Firdaus, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan administrasi dan fisik terhadap hewan kurban.

"Kita cek apakah hewan tersebut tidak sedang sakit, dan layak di konsumsi. Nanti ada petugas kita yang melakukan pengawasan dan pengecekan di lapangan," ungkap dia.

Di samping itu, Firdaus juga mengimbau panitia kurban agar lebih selektif memilih ternak yang akan dijadikan hewan kurban.

"Kalau nanti belinya di tempat penampungan, paling tidak kita harus memastikan legalitasnya, bagaimana terus surat kesehatan dan asal ternak tersebut," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan