News

Masyarakat Pekanbaru Diimbau Segera Vaksinasi Hepatitis, Gratis!

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, menghimbau warga untuk menjalani vaksinasi hepatitis agar terhindar dari penyakit hepatitis atau peradangan pada organ hati.

"Vaksinasi ini bisa didapatkan secara gratis di posyandu-posyandu terdekat, kemudian di puskesmas dan rumah sakit," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (2/8).

Ia menyampaikan, pemberian vaksin hepatitis merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada warga agar terhindar dari penyakit hepatitis.

"Jadi tidak ada alasan bagi warga yang menolak untuk dilakukan vaksinasi. Karena vaksinasi ini sekali lagi sifatnya gratis untuk melidungi warga jangan sampai terkena hepatitis," ucapnya.

Zaini menyebutkan, penyakit hepatitis sendiri terdiri dari beberapa varian, ada A, B, C, D dan E. Untuk tingkat keparahan juga berbeda-berbeda di tiap-tiap varian.

Penyakit hepatitis ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi virus, kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan infeksi cacing hati. Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular ke orang lain.

Hepatitis ditandai dengan gejala berupa demam, nyeri sendi, sakit perut, dan penyakit kuning. Kondisi ini bisa berlangsung selama 6 bulan (akut) atau lebih dari 6 bulan (kronis).

"Setiap tahun, penderita hepatitis ini selalu bertambah. Ini juga seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk," ujar dia.

Di Kota Pekanbaru, lanjut dokter Bob, sapaan akrabnya, warga yang menderita hepatitis masih tergolong rendah sekitar 0,01 persen dari total penduduk yang mencapai 1,2 juta jiwa.

"Namun demikian, warga kita himbau menjalani vaksinasi supaya penderita hepatitis bisa terus ditekan. Ini juga karena capaian vaksinasi hepatitis kita belum mencapai target, masih di bawah 95 persen," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan