News

Lebih dari 50 Persen Narapidana di Riau Dapat Remisi

 

SUARA PEKANBARU - Sebanyak  7.742 dari total 11.855 Narapidana (Napi) yang sedang merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah tahun ini mendapatkan remisi. Warga binaan yang mendapatkan pemotongan masa tahanan itu tersebar di 16 Lembaga Pemasyarakatab (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Riau

Ada pun rinciannya yakni 7.706 mendapatkan Remisi Khusus I (RK) atau pengurangan masa hukuman biasa. Sedangkan sisanya, 36 napi lagi menerima RK II atau langsung bebas.

Pemberian remisi diberikan secara simbolis itu dilaksanakan serentak di seluruh lapas, rutan, LPKA pada Sabtu (22/4/23). Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu, melalui pesan tertulisnya berpesan agar dengan pemberian remisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh WBP untuk dapat berperilaku baik dan optimis dalam menatap masa depannya.

“Selamat kepada seluruh narapidana yang mendapatkan remisi Idul Fitri 1444 Hijriah. Semoga kita terus dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Jadilah insan yang taat hukum, berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta kedepannya dapat menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa,” kata Jahari,

Jahari juga mengajak para WBP untuk serius bertaubat dan belajar dari kesalahan masa lalu. Sehingga tidak lagi melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Karena menurutnya, pemberian remisi ini merupakan reward atau penghargaan negara kepada napi yang selalu berusaha berbuat baik, memperbaiki diri, dan menjadi masyarakat yang bermanfaat bagi sesamanya.

Sebagai catatan, hingga 21 April 2023, jumlah Napi di Riau mencapai 13.546 orang. Lapas Pekanbaru menjadi penerima remisi paling banyak yaitu sebanyak 1.028 napi, disusul Rutan Pekanbaru sebanyak 931 orang, dan Lapas Bangkinang sebanyak 889 orang.

Sedangkan untuk RK II, Rutan Pekanbaru dan Rutan Dumai menjadi lapas/rutan yang narapidananya paling banyak mendapatkannya, yaitu sebanyak 7 orang. Lalu, di Lapas Bengkalis ada 5 orang yang langsung bebas di hari nan fitri ini.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan