News

Gertam Cabai dan Bawang Merah, Cara Pemko Pekanbaru Kendalikan Inflasi Daerah

Launcing Gerakan Tanam (Gertam) Cabai dan Bawang Merah serta Bazar Pangan Murah diadakan, pada Sabtu (15/10/2022) bertempat di Kawasan siCANTIG

SUARA PEKANBARU - Tingginya beberapa harga pangan pokok strategis belakangan ini sudah cukup menjadi penyumbang terhadap nilai inflasi pangan yang cukup signifikan. Salah satu langkah yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dibawah komando Pj WaliKota, Muflihun SSTP MAP dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga cabai dan bawang merah serta dalam rangka mengendalikan inflasi di Pekanbaru adalah dengan membagikan benih cabai, bawang merah dan buah-buahan.

Launcing Gerakan Tanam (Gertam) Cabai dan Bawang Merah serta Bazar Pangan Murah diadakan, pada Sabtu (15/10/2022) bertempat di Kawasan siCANTIG (Lokasi Cadangan Pangan Terintegras,redi) Pekanbaru, Jalan Sri Sejahtera Kelutahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat. Peluncuran giat ini ditandai dengan diterbangkannya Balon Gertam oleh Pj Wali Kota Pekanbaru dihadapan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Maria Cahyaningtyas, Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi, Anggota Forkopimda Pekanbaru beserta seluruh undangan yang hadir.

Juga turut hadir dalam giat tersebut Sekretaris Daerah kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Perwakilan BULOG drive Riau Kepri, Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru, BPJS Ketenagakerjaan, Direktur PT. Sarana Pangan Madani, seluruh Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemko Pekanbaru, Camat dan Lurah sekota Pekanbaru beserta Kelompok Tani (KT), Kelompok Wanita Tani (KWT) dan masyarakat di Kawasan Jalan Sri Sejahtera.

Kadis Ketapang Alek Kurniawan SP MSi dalam laporannya, menyampaikan, bahwa kegiatan launcing “Gertam Cabe dan Bawang Merah” bermaksud menunjukkan komitmen bersama antara Pemerintah Kota Pekanbaru bersama TNI, POLRI, serta TP PKK kota Pekanbaru yang terangkum dalam Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor 692 Tahun 2022 tentang Satuan Tugas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru. 

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP atas terselenggaranya giat gertam tersebut. Hal ini menurutnya sangat mengena mengingat kondisi global hari ini sedang menghadapi turbulence dan ketidakpastian, akibat lanjutannya seluruh negara di dunia, tidak terkecuali indonesia dan pekanbaru sendiri, dihadapkan pada risiko inflasi yang tinggi. “Selanjutnya kami di kota pekanbaru juga telah mendorong kepada seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama bersinergi dalam pengendalian inflasi, termasuk memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan untuk menjaga daya beli masyarakat di kota pekanbaru," ajak Pj Wali Kota.

Dia menuturkan, Pekanbaru memang banyak impor kebutuhan pangan dari daerah tetangga namun disisi lain sebutnya, Pekanbaru masih banyak lahan kosong terutama di daerah pinggiran untuk dioptimalkan untuk penanaman tanaman pangan. Dengan tegas orang nomor satu di Pekanbaru ini meminta seluruh sumber daya dioptimalkan dalam rangka membangun ketahanan pangan yang berkelanjutan. “Kita punya lahan, punya Sumber daya manusia; kita ada penyuluh, ada KTNA, ada petani, ada ibu-ibu kreatif, ini dapat dimaksimalkan untuk penanaman di lahan masing-masing," imbaunya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan