News

BPBD Pekanbaru Gencar Sosialisasi Mitigasi Bencana ke Sekolah

SUARA PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru menggelar sosialisasi mitigasi bencana di SMP dan SMA As-Shofa. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran pelajar sekolah itu sejak dini.

"Kami memberikan pengetahuan edukatif tentang bencana dan pentingnya menanam pohon untuk mencegah terjadinya bencana seperti banjir," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (1/11).

Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk nyata BPBD Pekanbaru mendukung Aksi Nyata Program Penanaman Sepuluh Juta Pohon. Kegiatan ini juga sebagai salah satu aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di masyarakat yang diselenggarakan oleh Kemenko PMK bersama Pemko Pekanbaru.


Para pelajar harus diajarkan mengenai bencana serta menanam pohon. Pelajar harus tahu mengenai bencana, pencegahannya, fungsi, dan manfaat dari menanam pohon.

"Sehingga tertanam dalam diri mereka untuk selalu melestarikan, menjaga alam, dan lingkungan sekitar," ujar Zarman.

Pada kesempatan ini, sejumlah bibit pohon matoa ditanam di halaman SMP dan SMA As-Shofa Pekanbaru. Para pelajar dibekali pohon untuk dibawa pulang dan ditanam di rumah masing-masing.

“Dengan banyak pohon menjaga suhu bumi agar tetap dingin, menyerap karbon, dan menyaring polusi udara. Penanaman pohon juga dapat memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, dan mencegah erosi serta banjir," ucap Zarman.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan