News

Gubri Syamsuar Klaim Investasi Sektor Ekonomi Hijau Cukup Tinggi

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa saat ini minat para investor untuk investasi pada sektor ekonomi hijau cukup tinggi di Provinsi Riau.

Gubri menyebutkan, beberapa waktu lalu ia dihubungi oleh calon investor dari Jakarta yang ingin berinvestasi bidang mangrove dan gambut.

Sebut dia, tidak hanya sawit, saat ini mangrove dan gambut ini menjadi primadona investasi di Riau.

"Karena gambut ini penyumbang penurunan emisi karbon terbesar di dunia, dan mangrove secara umum sebagai paru-paru dunia," ucapnya, pada pembukaan Riau Expo 2022, berlangsung di Pangeran Hotel Pekanbaru, Sabtu (29/10/22) malam.

Syamsuar menyebutkan, Riau termasuk provinsi yang berkomitmen untuk melestarikan lingkungan melalui program Riau Hijau.

"Sekarang ini dunia fokus ke ekonomi berkelanjutan, makanya kita banyak dilirik investor," ucapnya.

Orang nomor satu di Riau ini menerangkan, semua negara di Eropa mengharapkan dukungan Indonesia dalam rangka menurunkan emisi karbon, melalui pelestarian hutan, dan ekosistem mangrove.

"Makanya selalu saya katakan Riau ini diberikan keberkahan oleh Allah yang mungkin tidak sama dengan daerah lain. Mari kita jaga negeri ini sebab kita ini penghasil segalanya (ada hutan dan ekosistem mangrove)," ujarnya.

Selain adanya investor yang tertarik dengan mangrove dan gambut, Gubri mengaku juga pernah dihubungi calon investor yang ingin membuat mobil menggunakan bahan bakar hidrogen yang sudah di produksi di Inggris.

"Jadi tentunya hal-hal seperti ini yang barangkali Riau ini saya mohon dukungan, karena untuk ekonomi hijau dan ekonomi berkelanjutan," sebutnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan