News

Curah Hujan Tinggi, Pj Walikota Minta OPD dan Masyarakat Siaga

SUARA PEKANBARU - BMKG Pekanbaru memprediksi, beberapa pakan ini intensitas curah hujan tinggi. Hal tersebut mengakibatkan beberapa wilayah di Riau, termasuk Kota Pekanbaru rawan terjadi genangan air sementara. Mengantisipasi hal tersebut meluas, Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP langsung menginstruksikan para camat dan lurah untuk memantau daerah yang rawan banjir di wilayahnya.

"Curah hujan tinggi, makanya banyak kawasan yang terancam banjir. Agar tidak meluas dan lama, saya minta camat lurah hingga RT dan RW untuk memantau lingkungannya. Perlu kita ketahui, penyabab banjir itu banyak, dan salah satu akibat prilaku kita," terang Pj Walikota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP.

Sebagaimana diketahui, belakangan Kota Pekanbaru kerap diguyur hujan. Akibatnya, sejumlah wilayah tergenang air dan membuat warga mulai resah. Muflihun menyatakan, dia kerap melakukan pengawasan langsung ke lokasi rawan banjir, bahkan sudah melakukan upaya mengatasi persoalan banjir ini. Mulai dari pengerukan drainase, pembongkaran bangunan diatas drainase, serta peningkatan kegiatan gotongroyong di wilayah pemukiman masyakarat.

Meski begitu, Pj Walikota Pekanbaru mengaku hal tersebut belum optimal menihilkan banjir di Pekanbaru dan tidak bisa hanya Pemerintah yang bergerak mengatasi. 100 hari dipercaya menjabat sebagai penjabat Walikota juga tidak mungkin bisa menyelesaikan seluruh kawasan rawan banjir dan titik banjir di Kota Pekanbaru.

"Membangun kota ini tidak sama dengan hikayat tangkuban perahu, semalam siap. Apalagi hanya dnegan tolak ukur 100 hari kerja saya menjadi Penjabat Walikota, rasanya tidak mungkin. Tapi yang jelas, kami berusaha sebaik dan semaksimal mungkin. Belum semua lokasi rawan banjir tuntas, karena keterbatasan armada. Namun yang pasti saat ini armada kita tetap bekerja di lapangan mengatasi titik banjir," terangnya.

Selain itu, tambahnya, dengan hanya menyalahkan pemerintah tanpa ada kesadaran dari diri masyarakat juga tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut. Untuk itu, Pj Walikota Pekanbaru meminta serta mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian akan lingkungan.

"Persoalan ini tidak akan selesai dengan mencari salah siapa dan siapa yang bertanggungjawab. Harus sama-sama kita atasi bersama, pemerintah maupun masyarakat. Saya instruksikan semua OPD dalam kondisi siaga dan berharap warga masyarakat juga siaga. Gotongroyong digalakkan, dan jika diperlukan alat berat dan lain-lain, hubungi OPD terkait melalui Call Canter 112," imbaunya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan