News

PUPR Pekanbaru Klaim Sudah Atasi 250 Titik Banjir

SUARA PEKANBARU - Masterplan penanganan banjir Kota Pekanbaru telah selesai disusun pada tahun 2021. Pada masterplan ini mendata ada 363 permasalahan yang menyebabkan banjir di Kota Bertuah.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan upaya penanganan atasi masalah banjir. Normalisasi drainase dan anak sungai menjadi upaya jangka pendek.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyatakan, dari tahun 2021 pihaknya sudah berhasil menangani 250 masalah banjir. Mereka menuntaskan masalah banjir hingga mengurangi dampak banjir di lokasi tersebut.

"Dari 363 masalah banjir ini, dari tahun 2021 saya kira 250 masalah banjir sudah kita lakukan (penanganan). Sudah setengahnya lah," terang Indra Pomi, Sabtu (9/7).

Menurutnya, ada beberapa penanganan yang memerlukan pekerjaan khusus. Seperti dilakukan pembangunan turap pada lokasi rawan banjir, dan penggantian gorong-gorong drainase.

Ia menyebut pekerjaan tersebut butuh penganggaran. Namun, pihaknya melakukan penanganan rutin dengan melakukan normalisasi pengangkatan sedimen dan melakukan penggantian gorong-gorong drainase.

"Kita angkat sedimen, rumput-rumput yang ada di sekitar anak sungai maupun di drainase primer. Tinggal sekitar 163 masalah banjir lagi yang harus kita tuntaskan ke depan. Untuk parit tanah kita harus lakukan berulang-ulang (normalisasi). Karena yang namanya parit tanah ini, hari ini kita lakukan pemeliharaan tiga bulan lagi sedimennya akan turun lagi," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan