News

Karantina Berakhir Minggu Ini, Pengungsi Rohingya Sudah Boleh Keluar

SUARA PEKANBARU - Masa karantina ratusan pengungsi Rohingya di Kota Pekanbaru bakal berakhir minggu ini. Sesuai aturan, mereka akan diperbolehkan keluar dari tempat pengungsian untuk berinteraksi dengan dunia luar.

"Mereka kan bukan tahanan, bukan pula orang yang menakutkan. Setelah dikarantina selama satu bulan, mereka sudah boleh keluar dari pengungsian untuk membeli keperluannya atau juga berinteraksi dengan dunia luar," kata Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Senin (13/6).

Menurutnya, para pengungsi diberi kelonggaran untuk keluar dari tempat pengungsian mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Bagi yang tidak pulang tepat waktu, petugas akan melakukan pengecekan. Mereka tetap tinggal di lokasi penampungan, Wisma D'Cop 2, Jalan Cipta Sari, Kecamatan Bukit Raya.

"Nanti petugas akan mengunjungi kamarnya dan meminta kawan lain untuk menelpon kalau memang ada yang tidak pulang. Kita tunggu satu-dua hari, kalau tidak kembali itu mungkin kabur," ungkapnya.

Zulfahmi menegaskan, untuk pengungsi yang akan bepergian keluar dari tempat pengungsian, akan dilengkapi dengan kartu identitas yang dikeluarkan oleh UNHCR. Awalnya ada 119 pengungsi Rohingya yang didatangkan, namun kini hanya ada 85 yang tinggal di penampungan pasca kaburnya puluhan pengungsi.

"Kemanapun mereka pergi itu wajib dibawa seperti pengungsi lainnya," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan