News

Dinas PUPR Kota Pekanbaru Normalisasi Parit Jalan Pemuda

SUARA PEKANBARU - Satu alat berat masih melakukan normalisasi parit di Jalan Pemuda, Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki. Keberadaan alat berat ini untuk melakukan pengerukan akibat pendangkalan parit.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Minggu (26/9).

"Normalisasi ini bertujuan untuk menambah daya tampung sekaligus memperlancar aliran air. Normalisasi ini bisa meminimalisir banjir, terutama saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi," ujarnya.

Dinas PUPR Pekanbaru senantiasa melakukan kegiatan pengerukan maupun pembersihan saluran air di seluruh wilayah perkotaan. Agar saluran air lancar, warga diimbau ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah.

Sejak masterplan (rencana induk) penanganan banjir disahkan pada akhir 2020, Dinas PUPR fokus membersihkan dan memperbaiki drainase. Dalam masterplan, ada 375 titik banjir di Pekanbaru.

"Titik banjir ini sudah kami inventarisir di seluruh kecamatan yang ada," ungkap Indra Pomi.

Dalam inventarisir titik banjir itu, Dinas PUPR Pekanbaru sudah mencatat diameter saluran yang tersumbat. Kemudian, langkah-langkah yang akan diambil juga telah ditentukan.

"Sudah ada catatannya semua di masterplan tersebut. Setiap hari, ada 10 grup di Bidang Bina Marga dan 5 grup di Sumber Daya Air (SDA). Mereka membersihkan hambatan-hambatan terhadap saluran setiap hari," sebut Indra Pomi.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan