News

Sebelum Masuk Asrama Haji, 472 CJH Pekanbaru Akan Uji Swab

SUARA PEKANBARU - Sebanyak 472 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Pekanbaru, akan menjalani swab atau pemeriksaan PCR satu hari sebelum masuk ke Asrama Haji Antara.

"Menjelang keberangkatan, walaupun sudah divaksin, itu tetap diminta melakukan pemeriksaan PCR terlebih dahulu. Karena meskipun sudah menjalani booster sekalipun, bukan berati kita terbebas dari Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih, Senin (6/6).

"Jadi menjelang keberangkatan, jamaah haji yang berjumlah 472 orang akan tetap dilakukan pemeriksaan PCR," ulasnya.

Sesuai kesepakatan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sebut Zaini, pemeriksaan PCR bagi CJH Kota Pekanbaru akan dipusatkan di tiga rumah sakit di antara RSUD Arifin Achmad, RSD Madani dan RS Awal Bros Sudirman.

"Pemeriksaannya sehari sebelum masuk ke Embarkasi Antara. Khusus bagi 444 jemaah haji Pekanbaru yang satu kloter, itu pemeriksaan PCR nya di RSD Madani," ungkapnya.

Nantinya, lanjut Zaini, bagi CJH yang dinyatakan positif covid akan diisolasi terlebih dahulu di tempat-tempat isolasi terpusat (isoter) yang telah ditetapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Kalau ada yang positif dan bergejala ringan, itu akan diarahkan melakukan isolasi mandiri di tempat yang telah ditentukan selama lima hari dan terus dipantau. Kalau sudah dinyatakan negatif, baru diberangkatkan," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan