News

Wali Kota Resmikan Perpustakaan Digital Kacang Mayang

SUARA PEKANBARU - Membaca merupakan suatu keterampilan yang penting dan harus dikuasai setiap individu. Seiring dengan teknologi yang semakin canggih kini membaca buku bisa dinikmati dengan menggunakan smartphone dan computer. Dengan kemajuan teknologi memudahkan peserta didik, mahasiswa dan masyarakat membaca melalui buku elektronik atau ebook. Apalagi dimasa pandemi covid-19, penggunaan aplikasi perpustakaan digital sangat efektif bagi pemustaka yang ingin membaca. Agar perpustakaan tetap eksis dan tidak ditinggalkan, maka harus mampu mengembangkan diri.

Sebagai bentuk nyata kontribusi pemerintah dalam memajukan literasi di Pekanbaru. Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip), Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) dan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PJB PLTU Tenayan membangun gedung Perpustakaan Digital Kaca Mayang berbasis Faba (fly ash dan bottom ash, red). Peresmian Perpustakaan Digital ini, langsung dilakukan oleh Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT, pada Rabu (5/1/2022).

"Kehadiran perpustakaan digital ditengah masyarakat Pekanbaru merupakan cita-cita lama. Pembangunan perpustakaan digital Kaca Mayang sebagai momentum untuk meningkatkan literasi masyarakat Pekanbaru. Tentunya, untuk mewujudkan smart city madani melalui smart people," kata Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT.

Selain iPekanbaru, Kepala Dispusip Pekanbaru Nelfiyonna, menyebutkan, ada 25 ribu koleksi ebook milik iPerpusnas juga akan tersedia di perpustakaan digital Kaca Mayang. Diperkirakan perpustakaan sudah bisa dinikmati dan diakses masyarakat akhir bulan ini. Sementara itu, Manajer Administrasi PT PJB UBJOM PLTU Tenayan, Hisyam Luthfi mengungkapkan proses pembangunan perpustakaan digital mengunakan material FABA yang merupakan limbah hasil sisa pembakaran di PLTU menjadi limbah non Bahan Berbahaya Beracun (B3). Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, tetap memiliki kewajiban untuk dikelola hingga memenuhi standar dan persyaratan teknis yang ditetapkan.

"FABA dapat digunakan untuk bahan bangunan, campuran semen dan aman untuk lingkungan. Pemko mempercayakan kami untuk menggunakan FABA disini (pembangunan, red). Semoga kedepan terus bersinergi antara Pemko dan PLTU Tenayan untuk membangun pekanbaru lebih baik, sesuai tagline Kota Madani,"tutupnya. (Adv)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan