News

Sekda Deadline OPD Pekanbaru Input Data P3DN Hingga Awal September

SUARA PEKANBARU - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dideadline atau diberi batas waktu hingga 5 September 2022 untuk menuntaskan penginputan data pelaksanaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru H. Muhammad Jamil, M.Ag M.Si menyebutkan, dari rapat evaluasi pelaksanaan P3DN, Rencana Umum Pengadaan (RUP) dan percepatan e-Katalog, Senin (29/8), penginputan P3DN di seluruh OPD baru di angka 65 persen.

"(Penyebabnya) ternyata ada OPD yang belum paham menginputnya, kendala di SDM ada yang tidak tahu dan tidak mampu. Kemudian juga tidak tahu cara penginputannya," ungkap dia, Selasa (30/8).

Disampaikan Jamil, untuk percepatan penginputan data P3DN, OPD mesti menginput data Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) terlebih dahulu.

 

"Karena penginputannya harus berdasar SIRUP juga. Kalau SIRUP-nya tidak diinput ke sistem, maka datanya (P3DN) juga tidak masuk. Jadi itu ada rentetannya, diinput dulu SIRUP-nya, baru penggunaan produk dalam negeri, dan ujungnya ke e-Katalog lokal," paparnya.

"Untuk e-Katalog lokal ini kan penyedia kita banyak, mereka harus menggunakan produk lokal untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan sesuai yang digaungkan oleh bapak presiden," ulas Jamil.

Khusus untuk data P3DN, Jamil memerintahkan ke seluruh OPD agar bisa menuntaskan penginputan sesuai batas waktu yang ditentukan. Ia berharap keterbatasan SDM tidak lagi dijadikan alasan oleh OPD.

"Jadi walaupun terkendala SDM seperti kasubag program dan keuangan itu hanya ada satu, tidak ada staf, saya tidak mau tau, tanggal 5 September sudah harus selesai semuanya. Minimal sudah 95 persen," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan