News

Jamda Riau 2021 Resmi Dibuka, Ketua Harian Mabida Riau : Trimakasih Kwarcab Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Jambore Daerah Riau 2021 resmi dibuka. Giat Pramuka Penggalang yang bakal dilaksanakan hingga 21 Desember 2021 di Bumi Perkemahan Sialang Rampai ini dibuka oleh Ketua Harian Mabida Riau Kak Masrul Kasmy didampingi Ketua Mabicab Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT dan Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi SSTP MSi, Sabtu (18/12/2021).

Total tercatat ada 341 peserta, pimpinan kontingen, pembina pendamping dan petugas dari 10 Kwarcab se Riau yang hadir.

Dalam laporan Ketua Panitia Penyelenggara Jamda Riau 2021 kak Ario Wibowo SE mengatakan, dari 341 orang tersebut, terdiri dari 144 orang penggalang putra dan 147 orang penggalang putri, pimpinan kontingen 10 orang, pembina pendamping 20 orang dan petugas 20 orang.

"Seluruhnya sudah hadir di Buper dan hanya kwartir cabang Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi yang tidak ikut dengan alasan teknis," ungkap Ario.

Dalam giat Jamda, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka yaitu Pembinaan mental dan Spiritual. Selanjutnya ada pembinaan wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Juga mengarah kepada persaudaraan dan persahabatan, peningkatan keterampilan melalui pelatihan. Kesehatan jasmani dan rohani serta aksi pramuka peduli," jelasnya.

Sementara itu Ketua Mabida Harian Riau, Kak Masrul Kasmy mengapresiasi Kwarcab Kota Pekanbaru yang sudah memberikan segala upaya dan waktu dalam mempersiapkan giat, meski dalam waktu yang singkat. Beliau juga mengapresiasi para peserta hampir seluruhnya telah mengikuti vaksinasi. Sedangkan sisanya pria yang juga menjabat plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau tersebut berencana untuk mengirim petugas vaksinasi guna membuat semua peserta 100 persen sudah vaksinasi.

"Alhamdulillah hampir semuanya telah divaksin. Sedangkan sisanya yang belum di vaksin, InsyaAllah kita turunkan tim vaksinasi. Kami mengucapkan terimakasih kepada Kota Pekanbaru yang telah bersedia menjadi tuan rumah. Apalagi ini merupakan kedua kalinya setelah pada 2017 lalu juga dipercaya sebagai tuan rumah," tambahnya.

Disisi lain, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengatakan pihaknya akan mengembangkan lokasi Bumi Perkemahan Sialang Rampai yang berada di kawasan Pusat Olahraga Terintegrasi. Menurutnya saat ini luas lahan mencapai 18 hektare yang akan diperluas menjadi 30 hektar.

"Tentunya nanti kami berencana untuk membangun islamic center juga. Sehingga saat kegiatan kepermukaan seperti ini, pembinaan iman fan taqwa para peserta juga lebih memadai dengan keberadaan islamic center nantinya," ungkapnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan