News

Vaksin Kedua 77.729 Warga Pekanbaru Tertunda Satu Bulan

SUARA PEKANBARU - Penyuntikan vaksin kedua bagi 77.729 warga Pekanbaru tertunda selama sebulan dari jadwal yang seharusnya. Penyebabnya, keterbatasan penyaluran vaksinasi Covid-19 dari pemerintah pusat ke daerah.

"Masih menunggu suntikan vaksin dosis dua. Untuk suntikan dosis pertama sudah," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, Kamis (7/10/2021).

Idealnya, paling lama jarak suntikan vaksin dosis satu hingga ke dosis dua maksimal 28 hari. Namun akibat keterbatasan vaksin membuat mereka alami penundaan di luar batas waktu seharusnya.

Kata dia, Pemko sudah berupaya meminta dosis vaksin tambahan ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Riau. "Sementara kebutuhan kita hingga akhir tahun ini harus menyuntikkan ke 800 ribu lebih warga Kota Pekanbaru," jelasnya.

Sementara yang telah menjalani vaksinasi baru berkisar 500 ribu warga. Itupun belum semuanya tuntas menjalani suntikan vaksin dosis dua. Ia mengaku, percepatan vaksinasi tergantung ketersediaan vaksin yang dikirim pemerintah pusat.

Jika penyaluran dapat dilakukan sesuai kebutuhan, Ia optimis target penyuntikan ke 800 ribu jiwa dapat tuntas dilakukan hingga akhir tahun ini. Saat ini penyaluran vaksin dari pusat diprioritaskan bagi daerah yang memiliki jumlah kasus Covid-19 tinggi.

"Berapa vaksin yang datang, kita langsung distribusikan ke faskes supaya bisa dilakukan vaksinasi ke masyarakat," jelasnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan