News

Mulai Tahun 2023, Seluruh Warga Tidak Mampu Pekanbaru Akan Mendapat Santunan Kematian

SUARA PEKANBARU - Santunan kematian tidak hanya diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Pada tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga akan menyerahkan santunan kematian kepada warga tidak mampu yang tidak masuk dalam DTKS.

Sebelum menyalurkan bantuan pada warga yang tidak masuk DTKS, tim yang dibentuk oleh Dinas Sosial terlebih dahulu melakukan verifikasi, layak atau tidak warga yang bersangkutan menerima santunan kematian.

"Dalam perwako (santunan kematian) ini intinya yang pertama, sasaran kita keluarga miskin yang tidak terdaftar di data DTKS maupun yang terdata di data DTKS. Bagi yang tidak terdaftar di DTKS, ketika dia sudah mendapatkan bantuan santunan kematian itu, maka segera didaftarkan untuk masuk di data DTKS. Kita juga mempermudah dalam proses pencairannya," ujar Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Edi Susanto, Kamis (1/12).

Terkait verifikasi terhadap warga penerima santunan, diberitakan sebelumnya, Dinas Sosial Kota Pekanbaru akan membentuk tim verifikasi persyaratan penerima santunan kematian. Tim ini ditargetkan terbentuk sebelum akhir Desember 2022.

Tim nantinya diisi oleh jajaran Dinas Sosial, baik Kepala Dinas, Kepala Bidang hingga tenaga harian lepas (THL).

"Kalau untuk pengarah kadis, untuk ketua tim Kabid Rehabilitasi Sosial (Resos), anggota tim ASN dan THL," terang Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, S.Ag M.Ag kepada media, Selasa (29/11).

Tim nantinya, lanjut Idrus, akan bekerjasama dengan RT maupun RW, serta Lurah terkait data warga penerima santunan kematian.

Seperti diketahui, Pemko Pekanbaru pada 2023 akan memberikan santunan kematian kepada ahli waris dari keluarga tidak mampu sebesar Rp1 juta yang dianggarkan melalui BTT. Untuk BTT sendiri diusulkan sebesar Rp19 miliar.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan