News

Tim Kukerta Balek Kampung UNRI Adakan Pelatihan Keterampilan Bagi Kaum Ibu-ibu dan Remaja Desa Kualu

SUARA PEKANBARU - Guna ciptakan peluang usaha rumahan, Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balek Kampung Universitas Riau 2021 Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar memberikan pelatihan peningkatan keterampilan pembuatan konektor masker kepada masyarakat ibu-ibu dan remaja putri Dusun V Desa Kualu.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan produktivitas khususnya ibu-ibu yang berpotensi untuk menjadi peluang peningkatan ketahanan ekonomi keluarga.
Tim Kukerta BK UNRI Desa Kualu," ujar Fendi Sejahtera Laia sebagai ketua kelompok.

Fendi menjelaskan, Tim Kukerta UNRI beranggotakan 10 orang, diantaranya Fendi Sejahtera Laia sebagai ketua kelompok (Prodi : Ilmu Kelautan, FPK), Nur Hijaya Hening (Prodi Sosiologi, FISIP) sebagai Wakil Ketua, Marina Engzelina (Prodi Sosiologi, FISIP) sebagai Sekretaris, Syimah Aqilah (Prodi Sosiologi, FISIP), Rizka Irvianti (Prodi Sosiologi, FISIP), Andini Chaerunnisa (Prodi Teknik Mesin, FT), Hanna Pertiwi (Prodi Teknik Mesin, FT), Galuh Zamiatuz Zakia (Prodi Teknologi Industri Pertanian, FAPERTA), Ade Fitri (Prodi Teknologi Industri Pertanian, FAPERTA) dan Deatri Wahyuningsih (Prodi PG. PAUD, FKIP) sebagai anggota.

"Pelatihan ini berlangsung selama 1 hari, yang dilaksanakan pada Hari Rabu (28/7) lalu di ruang MDTA Dusun V desa Kualu. Pada tempat yang sama, kemudian melanjutkan untuk pelatihan keterampilan pembuatan masker Non-mesin jahit pada Hari Senin (2/8)," jelas Fendi.

Masih dikatakan Fendi, mahasiswa tim kukerta berkoordinasi dengan pihak aparatur desa untuk membantu mengumpulkan masyarakat di balai pertemuan. Dimana sebelum kegiatan berlangsung, tim mahasiswa kukerta menyediakan alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan pelatihan ini seperti manik-manik mutiara, benang dan gunting. Selain itu mahasiswa tim kukerta juga menyediakan konsumsi untuk peserta pelatihan.

Dalam harapannya, Fendi menuturkan dirinya beserta anggota yang lain berharap dengan adanya kegiatan pelatihan keterampilan ini telah memberdayakan masyarakat ibu-ibu untuk bersinergi dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga, dimana saat ini tim kukerta UNRI Desa Kualu telah melihat banyaknya waktu luang yang bisa dimanfaatkan.

"Tidak hanya ibu-ibu, tetapi juga terdapat remaja putri yang ikut serta dalam pelatihan peningkatan keterampilan, hal ini menunjukkan bahwa warga sangat antusias dalam mengoptimalkan waktu luang mereka.
Selama proses kegiatan berlangsung, dihadiri oleh delapan orang ibu-ibu dan tiga orang remaja putri dusun v desa Kualu," harapnya.

Sementara menurut Emi salah seorang peserta pelatihan mengatakan dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Ya bagus kalau diadakan kegiatan seperti ini, karna kami bisa belajar terus di praktikkan dalam kegiatan sehari-hari. jadi besok-besok ami bisa bikin dan jualan," ujar Emi.

Sementara itu, Ibu Rina Susanti, S.Sos., M.Si, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa Kukerta menyambut baik dan mendukung ide kreatif mahasiswa bimbingannya.
Menurut beliau, “Mahasiswa tim kukerta Desa Kualu telah berupaya dalam mewujudkan kegiatan pengoptimalan waktu luang terutama dalam masa pandemi ini dimana banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah. Sehingga hal tersebut memunculkan ide terhadap mereka untuk memberikan pelatihan konektor tersebut. Dan masih akan ada beberapa kegiatan lain yang melibatkan masyarakat seperti mengolah bayam menjadi makanan sehat yang dapat dikonsumsi berbagai kalangan. Hal ini dilakukan karena dapat menjadi potensi peningkatan ketahanan pangan sekaligus peningkatan ekonomi keluarga," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan