News

Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI Dumai wujudkan SMP Negeri 6 Dumai jadi Sekolah Penggerak

SUARA PEKANBARU - Demi mewujudkan SMP Negeri 6 Dumai jadi sekolah penggerak, Tim Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (UNRI) merancang beragam program kerja.

Sekolah penggerak merupakan sekolah yang dapat menggerakkan sekolah-sekolah yang lain. Hal itu bisa menjadi panutan, tempat pelatihan, hingga inspirasi bagi guru dan kepala sekolah disekitarnya.

Ada berbagai inovasi yang digarap. Mulai dari pembaharuan Portal Dumai Belajo hingga Musyawarah Kerja Kepala Sekolah atau MKKS Dumai.


Kemudian, ada pembuatan media pembelajaran rumpun mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, serta Bahasa dan Matematika.

Sekolah yang terletak di Desa Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan ini juga gencarkan perpustakaan agar lebih apik. Penataan ruang baca atau pojok literasi jadi program kerja selanjutnya untuk perpustakaan SMP Negeri 6 Dumai ini.

Selain itu, penataan lingkungan sekolah dan edukasi kepada siswa terkait kreativitas dan kegiatan ekstrakulikuler juga diterapkan.

Tak hanya sampai situ, Tim Kukerta juga dampingi guru SMP Negeri 6 Dumai dalam pembuatan media pembelajaran digital. Hasil luaran yang didapatkan berupa video kreatif maupun modul yang jadi rencana pembelajaran dalam setiap mata pelajaran.

Program ini diinisiasi oleh Tim Dosen dengan dukungan LPPM UNRI. Ada Prof. Dr. Dra. Evi Suryawati, M.Pd beserta dosen pendamping yang terdiri dari Dr. Ir. Syafrinal, MS, Zaldi Harfal, S.Pd, M.A., Evfi Mahdiyah, S.Kom., M.I.T.

Demi mewujudkan agenda tersebut,  Prof. Dr. Dra. Evi Suryawati, M.Pd membentuk dua kelompok Kukerta mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas di UNRI. Mengingat situasi pandemi yang masih berlanjut, kedua kelompok hadir di lokasi secara bergantian, masing - masing selama 2 minggu. Saat ini, kelompok satu sudah selesai untuk program di lokasi dan kembali ke Pekanbaru, dilanjutkan dengan kelompok 2 berada di lokasi. Kelompok satu terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Alam, serta Fakultas Kedokteran. Kelompok dua juga terdiri dari berbagai fakultas dan bersiap melanjutkan program kerja oleh Tim Pengabdian LPPM UNRI ini.

"Dengan adanya pemberdayaan komunitas belajar melalui bimbingan teknis penataan sumber belajar dan lingkungan sekolah di SMPN 6 Dumai, diharapkan agar sekolah ini berhasil menjadi lebih baik dan menjadi sekolah penggerak di kota Dumai." Ujar Prof Evi selaku Dosen Pembimbing Lapangan tersebut.

Ketua Kukerta Ihsan Nur Saputra juga beri sanggahan. "Ketika melakukan Program kerja Edukasi, para tim KKN yang terjun langsung ke dalam kelas mengakui bahwa siswa/i SMPN 6 Dumai sudah aktif dalam bertanya maupun mengeluarkan pendapat selama di dalam kelas, harapan saya semoga akan tetap seperti itu hingga nanti mereka dewasa, karna dari generasi inilah para bibit unggul negeri akan tumbuh." Tutupnya saat pembukaan pemberdayaan masyarakat di SMP Negeri 6 Dumai ini.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan