News

Dinsos Pekanbaru Klaim Tingkatkan Razia Gepeng Jelang Ramadan

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru menjelang hari Raya Idul Fitri 2023, tingkatkan razia gelandangan dan pengemis (gepeng) yang kian menjamur diberbagai persimpangan lampu merah.

"Menjelang lebaran ini, sudah banyak usaha-usaha yang kita lakukan untuk menekan adanya aktivitas-aktivitas diberbagai persimpangan lampu merah. Kita akan tingkatkan razia," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus M.Ag, Rabu (12/4).

Selain upaya yang dilakukan pemerintah dalam menekan keberadaan gepeng, masyarakat juga diimbau untuk tidak memberikan bantuan dijalan.

"Kita juga mengimbau masyarakat untuk tidak memberikan bantuan di jalanan. Salurkanlah infaq, sedekah dan zakat itu ke Baznas Kota Pekanbaru atau ke lembaga zakat resmi lainnya. Kalau kita tetap memberikan sedekah kepada mereka, berarti kita menginginkan mereka tetap menjadi pengemis di jalanan," kata Idrus.

Gepeng yang terjaring oleh petugas, dilakukan pendataan. Jika mereka warga tidak mampu, akan diupayakan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Kita akan carikan solusi, kalau dia memang betul-betul tidak mampu, kalau ada bantuan, nanti akan kita berikan bantuan. Kemudian kalau mereka belum terdata di DTKS, akan kita upayakan masuk ke DTKS. Supaya nanti bantuan dari pemerintah pusat bisa juga tersalurkan ke mereka," tandasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan