News

Diskes Pekanbaru Terima 3 Alat PCR dari Kemenkes

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mendapat bantuan tiga unit alat PCR atau alat pemeriksa tes swab Covid-19 dari Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan.

Nantinya alat ini bakal dioperasikan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru. Hal ini guna mempercepat penanganan dan pengendalian Covid-19.

"Kita dapat hibah PCR baru dari Litbangkes Kementrian Kesehatan. Ada 3 unit," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Senin (26/7).

Menurutnya, dengan tambahan PCR ini bisa memeriksa sampel swab hingga 300 sampel per hari. PCR ini akan beroperasi dalam waktu dekat. Ia menyebut dalam dua hari ini teknisi bakal mulai mengoperasikan alat ini.

Dengan PCR yang dimiliki pemerintah kota saat ini, Arnaldo tak menampik cukup kewalahan untuk melakukan pemeriksaan sampel. Pasalnya saat ini Satgas Covid-19 gencar melakukan testing, tracing, dan treatment (3T).

"Kalau kekurangan alat (PCR) bisa terjadi penumpukan nya di satu titik. Kalau yang tiga ini difungsikan kan lumayan juga, mempercepat pemeriksaan," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan