News

Ribuan Dosis Vaksin Ditarik dari Seluruh RS Kota Pekanbaru, Ini Penyebabnya

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru akhirnya menarik seluruh dosis vaksin Covid-19 di rumah sakit. Proses penarikan dosis vaksin di rumah sakit berlangsung hingga, Selasa (8/6) sore.

Mereka sudah menarik ribuan dosis vaksin dari 28 rumah sakit. Total ada 916 vial vaksin Covid-19 yang udah ditarik.

"Kita sudah tarik vaksin yang ada di seluruh rumah sakit," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Rabu (9/6).

Total keseluruhan ada 6.190 dosis vaksin yang ditarik sementara. Ribuan dosis vaksin sudah tersimpan di Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Jalan Garuda.

"Kita sudah tarik semua dari rumah sakit. Seluruh vaksin tersimpan di IFK," jelasnya.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan penarikan terhadap seluruh dosis vaksin Covid-19 di rumah sakit. Adanya penarikan vaksin ini dalam rangka evaluasi pelaksanaan vaksinasi.

Arnaldo menyebut bahwa penarikan dosis vaksin karena terdapat data yang tidak cocok. Pihaknya menemukan data vaksin di rumah sakit yang tidak sesuai dengan jumlah persediaan dosis vaksin.

Data jumlah vaksin seharusnya terdapat dalam Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE). Ia menyebut bahwa yang jadi persoalan vaksin disuntikan tapi tidak cocok dengan data P-care.

Pihak rumah sakit mestinya memasukkan data warga yang sudah suntik vaksin dalam data P-Care. Data ini masuk dalam sistem komputer.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan