News

Pasca Lebaran, PUPR Pekanbaru Langsung Tancap Gas Antisipasi Banjir

SUARA PEKANBARU - Pasca libur lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, upaya penanganan banjir tetap dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru, di sejumlah wilayah rawan banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut penanganan saat ini salah satunya rencana jangka pendek. Melakukan normalisasi di sejumlah drainase lingkungan dan anak sungai.

"Pasca lebaran kita tetap memprioritaskan penanganan banjir kota. Tadi kita di beberapa tempat seperti Harapan Raya, ganti gorong-gorong, memasukkan alat untuk normalisasi parit," terang Indra Pomi, Jumat (21/5).

Menurutnya, saat ini sejumlah drainase pada lingkungan pemukiman warga tidak berfungsi baik. Mereka mendapati sebagian mengalami penyumbatan akibat terjadi pendangkalan. Kondisi ini menyebabkan rawan banjir saat hujan deras mengguyur.

Indra menyebut, pasukan kuning rutin diturunkan setiap hari untuk melakukan normalisasi drainase lingkungan. Mereka membersihkan sampah dan mengeruk sedimen.

"Pasukan kuning kita sudah jalan. Habis lebaran kita langsung aksi di beberapa titik," jelasnya.


Selain itu yang menjadi perhatian pihaknya saat ini adalah Sungai Sail. Mereka berencana melakukan normalisasi pada sungai ini. PUPR Kota Pekanbaru bersama Badan Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) melakukan normalisasi di beberapa titik bantaran sungai.

"Sungai Sail kita mau masukan alat, kerjasama dengan BWSS. Ini kita cek lagi. Kita akan normalisasi," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan