News

Wali Kota Minta Vaksinasi 14.353 Nakes Rampung dalam 2 Hari

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT

SUARA PEKANBARU - Proses vaksinasi para tenaga kesehatan (nakes) di Pekanbaru ternyata dipantau Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Pekanbaru harus menyelesaikan proses vaksinasi pada 10 Februari ini. 

"Saya baru saja ditelepon oleh gubernur Riau. Beliau sudah kembali beraktivitas," kata Walikota Pekanbaru Firdaus usai meninjau sekolah tatap muka terbatas di SMP Negeri 23, Jalan Garuda Sakti, Kecamatan Bina Widya, Senin (8/2/2020). 

Gubri menyampaikan bahwa beliau usai video conference dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin. Video conference itu dalam rangka evaluasi proses vaksinasi bagi kelompok tenaga kesehatan (nakes). Laporan yang sampai ke pusat dari Riau masih di bawah target, termasuk di dalamnya Pekanbaru. Dari 38.000 nakes di Riau, sebanyak 14.353 orang terdapat di Pekanbaru. 

"Kata gubernur, jumlah nakes Pekanbaru yang divaksin masih rendah," ungkap Firdaus. 

Padahal, Pemko Pekanbaru bersama Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Budi Hidayat, serta Kepala Dinkes Riau Mimi Yuliani Nazir secara seremonial melakukan penyuntikan vaksin massal bagi para nakes di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani. Namun, 31 rumah sakit Dan 21 puskesmas juga melayani vaksinasi. 

"Disampaikan gubernur permintaan Menkes bahwa proses vaksinasi harus selesai hari Rabu. Makanya, kami evaluasi hari ini," ungkap Firdaus.  Karena setelah nakes, masuk ke gelombang umum yang divaksin. Diharapkan para nakes yang belum divaksin segera disuntik. 

"Sehingga, kita bisa bekerja maksimal melayani masyarakat umum pada bulan Maret," ucap Firdaus.

8.138 Nakes Telah Disuntik Vaksin Sinovac

Sebanyak 8.138 tenaga kesehatan (Nakes) Pekanbaru telah disuntik vaksin Sinovac. Meski begitu, ada 1.042 nakes yang batal divaksin. 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Senin (8/2) malam mengatakan, ada 14.353 nakes yang bertugas di Pekanbaru, baik di rumah sakit daerah dan puskesmas maupun rumah sakit swasta dan klinik pratama. vaksin Sinovac yang diterima 11.431 dosis. 

Nakes yang divaksin tahap pertama 7.156 orang. Nakes yang divaksin tahap kedua 982 orang. "Total nakes yang susah divaksin 8.138 orang," ungkap Dokter Bob, sapaan akrabnya. 

Nakes yang ditunda vaksin tahap pertama 1.310 orang. Nakes yang ditunda vaksin tahap kedua nihil. "Ada 1.043 nakes yang batal divaksin," sebut Dokter Bob.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan