Infoterial

Kadin Pekanbaru Diharapkan jadi Motor Penggerak Ekonomi Ibu Kota

sumber;internet

SUARA PEKANBARU - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Pekanbaru diharapkan dapat menjadi motor penggerak ekonomi di Ibu Kota Provinsi Riau. Terlebih saat ini Kadin Pekanbaru dipimpin oleh pemuda yang diharapkan akan mempunyai banyak program-program gebrakan.

Hal ini disampaikan oleh Plh Sekertaris Daerah Kota Pekanbaru Azwan usai membuka acara Rapat Pimpinan Kota (Rapimko) Kadin Pekanbaru sekaligus Seminar dengan tema Bersama Membangun Ekonomi Kreatif untuk Kesejahteraan Masyarakat Kota Pekanbaru, Kamis (17/10/2019).

Ia mengatakan untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Kota Pekanbaru akan terus bersinergi dan melakukan kerja sama dengan Kadin.

"Kegiatan Rapimko Kadin Pekanbaru dan Seminar sangat kita apresiasi. Saya melihat Kadin Pekanbaru sangat bersemangat dan energik. Saya baru kali inilah melihat Kadin Pekanbaru sesemangat ini, terlebih tadi juga saya dengar acara sebesar ini persiapannya hanya seminggu saja," ujar Azwan.

Disampaikan oleh Azwan, Kota Pekanbaru memang tidak punya modal Sumber Daya Alam seperti Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan.

"Kita tidak punya pertambangan, perkebunan, Gas juga kita tak punya. Untuk itu yang kita kembangkan itu adalah 3 sektor yaitu sektor Industri, Perdagangan dan Jasa. Termasuk jasa MICE ya," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Azwan, seminar yang dilakukan oleh Kadin pada hari ini dengan tema Ekonomi Kreatif ini sangat disambut baik oleh pihak Pemko Pekanbaru.

"Ketika kita tidak punya Sumber Daya Alam tadi, ekonomi kreatif inilah yang jadi motor penggerak ekonomi. Dan saat ini itu sudah sangat berkembang. Salah satunya adalah sektor kuliner. Meski nampak sepele, itulah sebenarnya sektor real yang bisa mendorong perekonomian di Pekanbaru ini," jelasnya.
Sementara itu, Ketua Kadin Pekanbaru Yuyun Hidayat kepada CAKAPLAH.COM mengatakan kegiatan Rapimko ini adalah sebagai bentuk kepedulian Kadin terhadap spirit anak-anak muda untuk bisa bergabung dan menjadi anggota Kadin Pekanbaru.

"Untuk itulah hari ini kita undang anak-anak muda yang ada di Pekanbaru untuk datang ke Rapimko dan menjadi pengurus. Kita wujudkan bahwa tidak selamanya Kadin itu bergantung ke Pemerintah. Karena secara prinsip dan undang-undangnya, Pemerintah dan Kadin adalah mitra untuk saling mengisi dan mengingatkan untuk bersama-sama membangun negeri," ujar Yuyun.

Disampaikan Yuyun, tidak bisa dipungkiri Pekanbaru hidup dan bergantung dari industri jasa. Untuk itu di Kadin difokuskan pada Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Kita mulai dari bawah. Karena tidak terelakkan lagi ekonomi kita 80 persen bergantung dari yang namanya UKM. Untuk itu UKM ini harus kita bela dan kita pertahankan betul. Dan kalau bisa kita naikkan kelasnya dari kecil menjadi menengah dan dari menengah menjadi besar. Sehingga dengan itu kita naikkan, secara otomatis Pekanbaru akan naik dengan sendirinya," ungkapnya.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu dibutuhkan kerjasama antara Pemerintah dan juga stakeholder yang lain serta dari Kadin itu sendiri," imbuhnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...