Bebual

Soal Kepsek Pelesiran ke LN, Walikota Pekanbaru: Kadisdik, Segera Beri Penjelasan!

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT

SUARA PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT meminta Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) memberi penjelasan terkait plesiran Sekretaris Disdik dan belasan kepala sekolah ke luar negeri.

Diketahui mereka berangkat ke Shenzhen, China saat kabut asap melanda Kota Pekanbaru. Saat itu sekolah lumpuh, namun kepala sekolah dan guru diharuskan tetap masuk.

Keterangan mereka diduga menyalahi prosedur. Walikota saat dikonfirmasi belum memastikan seperti apa sanksi yang diberikan. Para kepala sekolah yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) seharusnya mengantongi izin saat pergi ke luar negeri.

Walikota menyebut akan meminta penjelasan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal terkait keberangkatan belasan Kepala SD dan Sekretaris Disdik Pekanbaru Muzailis serta Kabid SD Mardalis.

"Nanti kita minta kadis beri penjelasanan terkait ini," tegas Walikota, Jum'at (4/10/2019).

Walikota mengaku belum tahu apa agenda para kepala SD tersebut. Ia ingin memastikan apakah keberangkatan ini apresiasi atau biaya mandiri.

"Maka dari itu nanti kita cek seperti apa sebenarnya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal mengaku tidak mengetahui perjalanan ke luar negeri para kepala sekolah tersebut.

"Kalau ke luar negeri saya tidak tahu. Sebab mereka tidak ada izin kalau ke luar negeri. Namun untuk 2 pejabat Disdik tersebut mereka dalam masa cuti, dan mereka izin ke saya," kata Jamal, Kamis (3/10/2019).

Sementara untuk 18 kepala sekolah yang ikut dalam rombongan, Jamal menyebut para kepala sekolah tersebut hanya izin tidak masuk sekolah.

"Mereka izin enggak masuk aja. Dan izinnya ada ke saya. Tapi kalau izin ke luar negeri tidak ada ke saya. Saya enggak tahu dia ke mana, yang jelas dia izin," jelasnya.

Jamal menyebut, yang ia ketahui saat ini, rombongan tersebut berangkat secara pribadi dan tidak menggunakan anggaran dari dinas. Namun Ia menegaskan tidak ada memberikan izin untuk ke luar negeri, yang Ia berikan hanya izin cuti kepada 2 pejabat Disdik tersebut.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan