News

BPBD Pekanbaru Imbau Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

 

SUARA PEKANBARU - Cuaca di Kota Pekanbaru sudah semakin panas, meskipun hujan masih mengguyur dalam jangka waktu tertentu. BMKG Stasiun Kota Pekanbaru pun mencatat, akibat cuaca panas, 1 titik panas atau hotspot terpantau pada Senin, (29/4/2024).

Untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan akibat cuaca panas, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Kota Pekanbaru, Zarman Chandra mengajak warga selalu waspada dalam upaya pencegahan kebakaran lahan.

Zarman juga meminta jajaran pemerintah mulai dari camat dan Forkopimcam masing-masing daerahnya menggiatkan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada warga.

Pencegahan dapat dilakukan dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, tidak membuang bara api, puntung rokok sembarangan, serta selalu saling memperhatikan apabila ada lahan terbuka di wilayah pemukimannya.

"Kami mohon agar imbauan kami untuk mencegah Karhutla ini disampaikan kepada RT/RW dan warga. Agar pencegahan Karhutla yang lebih utama dan efektif. Kemudian, antisipasi kita lebih cepat," ujarnya.

Zarman menjelaskan, kontribusi dari warga untuk memantau lingkunganmya masing-masing akan sangat berarti untuk mengantisipasi kebakaran lebih efektif dan efisien.

Apabila terjadi kebakaran lahan, Zarman meminta warga saling bahu-membahu membantu memadamkan. Namun, bila api diperkirakan tidak bisa dipadamkan sendiri, maka segera hubungi call center BPBD Kota Pekanbaru di nomor 08117651464.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan