Health

BREAKING NEWS: Wali Kota Pekanbaru Liburkan Siswa, Jika ISPU Level Berbahaya

SUARA PEKANBARU - Setelah menggelar rapat bersama dan mendengar penjelasan terkait kondisi kabut asap di Kota Pekanbaru, Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT memastikan akan meliburkan seluruh sekolah di Pekanbaru. Meski begitu, hal tersebut tidak terjadi saat ini melainkan ada syarat khususnya. 

"Bila ISPU pada level berbahaya dan sudah terjadi selama tiga berturut-turut, maka sekolah wajib diliburkan. Tapi saat ini belum diliburkan," terangnya dalam rapat Penanggulangan Bencana Kabut Asap di Aula Damkar Pekanbaru, Senin (26/8/2019).

Sebagaimana dijelaskan, ada empat kategori lavel kualitas udara yang diumumkan melalui display ISPU tersebut. Untuk level Baik untuk display ISPU 0-50, Sedang 51-100, Tidak Sehat 101-199, Tidak Sehat 200-299 dan Level Berbahaya untuk ISPU di atas 300.

Menurutnya, saat ini pemerintah kota belum meliburkan para peserta didik. Untuk kebijakan meliburkan siswa, Wako menyebutkan tetap mengacu pada ISPU yang dikeluarkan DLHK Pekanbaru. Saat ini, ISPU saat ini masih terpantau di angka 65 di Pekanbaru.

"Saat ini ada di level sedang, belum ada rencana untuk meliburkan para siswa," paparnya.

Walau demikian, Firdaus mengimbau orangtua dan pihak sekolah. Ia mengimbau agar mengurangi aktivitas anak di luar ruangan.

"Kalau memang harus di luar, gunakan masker," ulasnya.

Sementara itu Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sukisno menyebutkan bahwa Agustus 2019 sudah memasuki puncak kemarau. Kondisi ini berlangsung sejak Juli 2019.

"Kemarau tahun ini lebih kering dibanding tahun 2018 silam," terang Sukisno dalam Rapat Penanggulangan Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru dikutip dari Tribun Pekanbaru, Senin (26/8/2019).

Menurutnya, BMKG memprediksi hujan baru terjadi pada September 2019 mendatang. Saat ini Riau bagian utara sudah mulai hujan dengan beragam intensitas.

Hotspot atau titik panas banyak terdapat di Riau bagian selatan dengan jumlah mencapai 41 titik. Rinciannya Kabupaten Bengkalis 14 titik, Pelalawan 10 titik, Inhil 13 titik dan Rohil bersama Inhu masing-masing 2 titik. Sedangkan Pekanbaru tidak didapati titik panas.

Angin saat ini mengarah dari tenggara menuju kawasan Sumatera. Asap yang ada di Pekanbaru adalah kiriman berasal dari selatan.

Sukisno tidak menampik jarak pandang di Kota Pekanbaru sempat 1,5 kilometer. Bercampur uap air. Senin pagi ini kualitas udara di Kota Pekanbaru belum menunjukkan kondisi sehat.

"Jarak pandang berangsur baik pada pukul 09.00 WIB menjadi 3 kilometer," paparnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...