News

Pembangunan Pasar Induk Pekanbaru Sudah 80 Persen

 

SUARA PEKANBARU - Pasar Induk di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, ditargetkan sudah mulai beroperasi setelah lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, saat ini progres pembangunan Pasar Induk melalui Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dengan PT Agung Rafa Bonai itu sudah berkisar 80 persen.

"Kita berharap segera pedagang yang ada di TPS (tempat penampungan sementara) di (Terminal) AKAP, itu bisa kita geser ke Pasar Induk. Target kita siap lebaran, sekarang tidak terkejar," ucapnya, Kamis (14/3).
"Pengelola kemarin sudah kita panggil juga dan meminta mereka melakukan percepatan penyelesaian fisik," ulas Ami, sapaan akrab Zulhelmi Arifin.

Ia menyampaikan, dengan dioperasikannya Pasar Induk, nantinya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui OPD teknis akan lebih mudah mengawasi ketersediaan bahan kebutuhan pokok.

“Jadi kalau Pasar Induk sudah beroperasi, kita bisa mengetahui berapa total jumlah kebutuhan pokok yang masuk, kemudian dari mana didatangkan dan kemana saja didistribusikan," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Ami, pengawasan belum bisa maksimal lantaran bahan kebutuhan pokok yang masuk ke Pekanbaru tidak ditempatkan dalam satu lokasi. Itulah kemudian yang mendorong pemerintah kota untuk membangun Pasar Induk.

"Seperti cabai, misalnya, itu yang di Pasar Induk saja 25 ton per hari. Belum lagi yang di pasar lain seperti Pasar Palapa, Cik Puan, Pasar Simpang Baru dan lainnya," papar Ami.

"Jadi kalau Pasar Induk sudah beroperasi penuh dan ini (ketersediaan bahan kebutuhan pokok) sudah bisa kita awasi, tentu kita juga akan lebih mudah mengendalikan harga," tutupnya menambahkan.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan