Infoterial

Year on Year, Pendapatan Pajak di Pekanbaru Naik Rp72 Miliar

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

SUARA PEKANBARU -  Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru mengklaim capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) pertanggal 16 Agustus 2019 telah mencapai Rp372 Miliar. Capaian ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu di bulan dan tanggal yang sama (year on year).

“Untuk tahun lalu capaian PAD secara keseluruhan mencapai Rp372 Miliar. Sementara tahun sebelumnya lagi yakni Rp300 Miliar,” kata Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Selasa (20/8/2019).

Zulhelmi menyebutkan, meski secara keseluruhan jenis pajak di Pekanbaru mengalami kenaikan, namun untuk jenis Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara signifikan masih manjadi primadona dalam capaian PAD.

“Iya, PBB capaiannya dari tahun lalu sebesar Rp28 miliar sekarang sudah Rp65 Miliar. Sementara pajak hiburan Rp14 miliar, tahun lalu Rp10 miliar. Reklame sudah Rp21 Miliar dari Rp14 miliar,” jelasnya.

“Pajak Restoran dari Rp60 miliar sekarang Rp76 miliar, hotel dari Rp22 miliar sekarang Rp25 miliar, PBHTP tahun lalu Rp80 Miliar sekarang Rp79 miliar,” imbuhnya.

Saat disinggung apa trik jitu yang dilakukan Bapenda Pekanbaru untuk meningkatkan capaian PAD meskipun untuk tahun ini masih jauh dari angka Rp800 Miliar, Zulhelmi hanya menjawab singkat.

“Sosialisasi yang terarah, selain tentunya penghapusan denda juga. Untuk itu, peran media massa juga sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi agar masyarakat khususnya wajib pajak dapat taat membayarkan pajaknya ke daerah,” pungkasnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan