News

Status Bencana Hidrometeorologi di Pekanbaru Diperpanjang?

 

SUARA PEKANBARU - Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra mengatakan pihaknya menunggu dan mempertimbangkan prediksi cuaca dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pekanbaru terkait perpanjangan Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi yang berlangsung sejak 15 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024 mendatang.

Menurutnya, setelah memastikan prediksi cuaca dari BMKG Pekanbaru, maka BPBD segera melaporkan kepada Pj Wali Kota Pekanbaru untuk kemudian digelar rapat koordinasi bersama Forkopimda Pekanbaru.

"Kita masih menunggu prediksi dari BMKG apakah curah hujan di Kota Pekanbaru sudah mulai berkurang atau masih perlu diwaspadai. Informasi dari BMKG nanti kita laporkan kepada Pj Wali Kota. Setelah itu, kemungkinan akan digelar rapat koordinasi pada akhir Januari. Dimana Pj Wali Kota akan memutuskan apakah perlu perpanjangan status darurat bencana banjir dan longsor ini," ujarnya, Senin, (29/1).

Menurutnya, Pemko Pekanbaru juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terkait perpanjangan status bencana hidrometeorologi. Sebelumnya, Pemprov Riau dikabarkan berencana memperpanjang status darurat bencana tersebut, dikarenakan masih ada sejumlah kabupaten/kota yang diguyur hujan dan banjir.

"Pemko Pekanbaru juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan OPD terkait lainnya, karena penanganan dan proses antisipasi banjir ini melibatkan banyak instansi baik vertikal maupun horizontal," jelasnya.

Lebih lanjut, Zarman mengatakan Kota Pekanbaru saat ini juga masih perlu mewaspadai banjir. Mengingat, debit air sungai, seperti Sungai Siak, masih pasang surut.

"Pantauan kita pada tanggal 29 Januari ini, Sungai Siak juga masih pasang surut. Masih ada juga ruas-ruas jalan yang tergenang air. Maka nanti, sesuai data-data yang sudah dirangkum dan pendapat Forkopimda dalam rapat, pak Pj Wali Kota akan memutuskan perpanjangan status siaga darurat tersebut," paparnya.

Terakhir, Zarman mengimbau warga tetap waspada dan berhati-hati menghadapi cuaca hujan dan mengimbau agar masyarakat tidak mencoba bermain atau berenang di sungai atau drainase yang meluap.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan