News

Kasus Stunting di Pekanbaru Diprediksi Turun Tahun Ini

 

SUARA PEKANBARU - Kasus stunting atau gangguan pertumbuhan terhadap anak di Kota Pekanbaru cendrung mengalami penurunan pada tahun 2024 ini. Hal ini sesuai Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2023 lalu.

Tim di lapangan sudah melakukan pemantauan dan hasilnya mengalami penurunan. Kondisi serupa juga tercatat di elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM).

Hasil pendataan di posyandu angka stunting rendah dibanding tahun sebelumnya. Ada kemungkinan dari prediksi awal hasil pendataan tersebut angka prevalensi stunting tahun ini di bawah tiga persen.

"Kita memang masih menunggu hasil resminya, tapi untuk hasil pemantauan di lapangan, ada penurunan kasus stunting, bisa di bawah tiga," jelas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Pekanbaru, Muhammad Amin.

Tim mendapatkan data tersebut dari hasil penimbangan balita di posyandu. Para petugas tidak hanya menemukan anak yang terindikasi mengalami stunting atau dengan berat badan di bawah rata-rata balita.

Amin menambahkan bahwa tim setiap bulan melakukan penimbangan balita. Ia menyebut 85 persen balita sudah ditimbang di posyandu.

Dirinya memastikan dari hasil timbang berat badan balita tidak banyak yang mengalami stunting. Kebanyakan para balita berat badannya sudah ideal sehingga diprediksi kasus stunting alami penurunan.

"Hasilnya jumlah yang stunting tidak banyak, jumlah balita yang ditimbang cukup banyak di Kota Pekanbaru ini," paparnya.

Data Tim Percepatan dan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Pekanbaru, angka prevalensi stunting di Kota Pekanbaru memang fluktuatif. Ada kenaikan angka prevalensi stunting pada tahun 2022 silam.

Angka prevalensi stunting sempat naik pada tahun 2022 lalu yakni 16,8 persen. Sedangkan pada tahun 2021 angka prevalensi stunting turun di angka 11,4 persen.

Upaya penanganan stunting di Kota Pekanbaru masih berlanjut pada tahun 2024. Bahkan tahun ini ditargetkan kasus





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan