News

Dinkes Pekanbaru Usulkan Tambahan 21 Unit Ambulance

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru akan mendapat bantuan mobil ambulans dari pemerintah pusat pada tahun depan. Dinkes mengusulkan 21 unit mobil ambulans.

"Kami telah berupaya mengusulkan permintaan mobil ambulans ke Pemprov Riau dan pemerintah pusat. Kami meminta 21 ambulans untuk 21 puskesmas," kata Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Rabu (23/8).

Diperkirakan, Dinkes akan mendapat beberapa mobil ambulans pada tahun depan. Sehingga, masyarakat tidak lama menunggu.

"Karena, mobil ambulans yang ada sekarang bukan sekadar untuk membawa pasien yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit. Namun, ambulans ini juga untuk kegiatan-kegiatan yang mendukung program kesehatan seperti imunisasi, posyandu, dan lain sebagainya," jelas Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Dalam program Bang Uun Menyapa Warga Kecamatan Rumbai Barat, di Perumnas Muara Fajar, Simpang Ikan Parang, Jalan Yos Sudarso, Kilometer 27, Sabtu (12/8), para tokoh masyarakat menyampaikan beberapa keluhan. Salah satunya terkait program Doctor on Call. Hasil dialog dengan para kepala puskesmas, pelayanan Doctor on Call bisa saja dilakukan.

"Mereka bisa saja melayani masyarakat. Tapi, mobilitas mereka terbatas," ujarnya.

Satu puskesmas itu hanya punya satu mobil ambulans. Mobil ambulans ini dipakai untuk kegiatan lain juga seperti posyandu dan hal-hal darurat.

"Ada dua puskesmas di daerah kami ini," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengatakan, ia sudah mengundang seluruh kepala puskesmas untuk rapat beberapa hari lalu. Dalam rapat itu terungkap bahwa kondisi mobil ambulans sudah uzur semuanya.

"Ini yang sedang kami bahas dengan sekda," ucapnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan