News

Diskes Klaim Hampir 98 Persen Warga Pekanbaru Sudah Miliki Jaminan Kesehatan

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus melakukan percepatan dalam memberi akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Hal ini terbukti dengan capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kota Pekanbaru.

Saat ini, capaian UHC sudah hampir 98 persen. Artinya tinggal dua persen warga Kota Pekanbaru lagi yang harus dapat jaminan kesehatan.

"Untuk saat ini capaian UHC kita sudah 97,66 persen dari total warga kota," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy.

Menurutnya, mayoritas warga di Kota Pekanbaru sudah memiliki jaminan kesehatan. Warga yang sudah memiliki jaminan kesehatan 1.081.458 jiwa.

Sedangkan total warga di Kota Pekanbaru mencapai 1.107.327 jiwa. Jumlah ini memperlihatkan mayoritas warga sudah memiliki jaminan kesehatan.

Zaini menjelaskan bahwa mayoritas warga Kota Pekanbaru merupakan penerima jaminan kesehatan dari Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU). Jumlah warga penerima jaminan kesehatan dari PPU BU sebanyak 282.761 jiwa.

Sementara itu, penerima jaminan kesehatan terbanyak kedua dari Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Mereka merupakan warga yang berasal dari pekerja informal sebanyak 274.243 jiwa.

Dirinya menyadari juga bahwa masih ada kepesertaan masyarakat yang tidak aktif. Mereka yang tidak aktif kepesertaan dari total jumlah peserta yang terdaftar mencapai 233.936 peserta.

"Kami mengajak masyarakat yang kepesertaan tidak aktif bisa mengaktifkan kembali, agar bisa kembali mengakses layanan dengan jaminan kesehatan," jelasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan