News

Disperindag Pekanbaru Minta Pedagang Pasar Palapa Buka Hingga Petang

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru mendorong pedagang Pasar Palapa berjualan hingga petang. Hal ini guna menekan aktivitas pasar kaget.

"Kami mendorong Pasar Palapa ini bisa aktif sampai sore. Sehingga, aktivitas pasar kaget bisa ditekan. Karena, pedagang pasar kaget itu mereka yang berjualan di pasar tradisional juga," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Senin (27/11).

Saat ini, kondisi Pasar Palapa sudah bagus usai direvitalisasi. Sehingga, pedagang Pasar Palapa bisa berjualan hingga petang.

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru mendorong pedagang pasar kaget agar berjualan di tempat resmi. Agar, kehadiran pasar kaget tak mengganggu aktivitas pasar tradisional.
Sejumlah pedagang Pasar Palapa melaporkan langsung keluhan kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun pada 10 Juli 2023. Para pedagang mengeluhkan kehadiran pasar kaget di sekitar lingkungan perumahan.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (12/7), mengatakan, persoalan pasar kaget ini sudah rapatkan terkait dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada 2021 lalu. Pasar kaget ini sedang didata dan didorong masuk pasar resmi.

Kesempatan berbeda, Kepala Disperindag Zulhelmi Arifin mengatakan, pasar kaget ini diisi pedagang yang berjualan pada pagi hari. Karena, tak ada jual beli di pasar tradisional.

"Permasalahan pasar yaitu lahan parkir yang terbatas dan lingkungan kotor. Pembeli juga tak nyaman," ujarnya.

Karena sepi pembeli, pedagang pasar tradisional berjualan di tempat lain usai siang hari yakni pasar kaget. Dagangan pasar kaget dinilai lebih murah karena komoditas yang dijual tak segar lagi.

"Ini menjadi perhatian kami juga," ucap Ami.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan