News

Kenaikan Volume Sampah di Pekanbaru Meningkat Hingga 100 Ton per Hari

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) terus berupaya mengatasi permasalahan sampah yang ada saat ini. Dinas memastikan agar sampah masyarakat bisa sepenuhnya terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengatakan, saat ini volume sampah alami peningkatan karena angkutan mandiri langsung membuang ke TPA Muara Fajar. Ada kenaikan sekitar 100 ton per harinya.

"Sampah yang ditampung di TPA itu saat ini sekitar 1.100 ton per hari. Ditambah adanya angkutan mandiri yang saat ini langsung buang ke TPA Muara Fajar," ujar Hendra Afriadi, Senin (13/11).

Saat ini operator angkutan sampah juga berupaya agar tidak ada lagi tumpukan sampan di Tempat Penampungan Sementara (TPS). Mereka mengantisipasi tidak terlalu lamanya sampah menumpuk di TPS.

Angkutan mandiri yang mengambil sampah di lingkungan masyarakat juga langsung membuang sampah mereka ke TPA. Mereka tidak lagi membawanya ke TPS.

"Kalau mereka buang ke TPS, itu kan nanti jadi penumpukan. Untuk saat ini TPS ilegal juga sudah tidak ada masyarakat yang buang sampah setelah kita awasi. Namun ada yang berpindah tempat membuangnya," terang Hendra.

Tim DLHK juga sudah menutup TPS ilegal yang ada ditemukan di beberapa ruas jalan. Mereka menimbun dengan tanah timbun dan menanami pohon.

"Ada juga kita dapati, siangnya kita tanami pohon malamnya ada masyarakat yang buang sampah di TPS ilegal itu. Kami imbau juga pihak RT/RW untuk bisa sama sama mengawasi adanya TPS ilegal ini," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan