News

Plt Gubri Ajak Masyarakat Riau Salat Berjamaah di Masjid

 

SUARA PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution mengajak seluruh masyarakat Riau untuk kembali meramaikan masjid melaksanakan sholat lima waktu secara berjamaah di Masjid.

"Saya mengajak kita semua untuk memenuhkan masjid melaksanakan salat lima waktu secara berjamaah di masjid," kata Plt Gubernur Riau di Masjid Raya Al-Huda Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Sabtu (11/11/2023).

Lanjutnya, sehingga setiap melaksanakan salat wajib lima waktu, masjid selalu dipenuhi dengan jamaah, seperti halnya salat Jumat.

Menurutnya, melaksanakan salat berjamaah di masjid juga bisa mempererat hubungan silaturahmi dengan sesama. Seperti sabda nabi yang artinya Tidaklah beriman seseorang diantara kalian sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.

Mantan Komandan Korem 031/Wira Bima itu menjelaskan bahwa hadist tersebut menunjukkan bahwa keimanan seseorang dapat dikatakan sempurna apabila ia bisa mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

"Sepanjang itu dalam hal kebaikan," ucapnya singkat.

Terangnya, saudara yang dimaksud di sini tidak terbatas hanya saudara kandung, saudara seayah atau seibu, akan tetapi lebih luas lagi mencakup saudara sesama manusia.

Lebih jelasnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat. Saling memberi, menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing sebagai sesama makhluk Tuhan merupakan satu cara untuk menjaga keberlangsungan hidup.

Namun perlu disadari, ketergantungan dengan orang lain tidak akan langgeng bila hanya berdasarkan unsur kepentingan. Oleh karena itu, Nabi Muhammad menganjurkan agar mencintai sesama manusia secara tulus karena Allah dan tidak boleh melebihi cintanya kepada Allah dan Rasul-Nya.

"Mudah-mudahan dengan berjamaah di masjid tidak hanya meningkatkan rasa kecintaan kepada Allah dan Rasul, namun juga mempererat hubungan silaturahmi," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan