News

Plt Gubernur Riau Klaim Program Jaga Zapin Disambut Baik Kalangan Perkebunan Kelapa Sawit

 

SUARA PEKANBARU - Usaha perbaikan tata kelola perkebunan, khususnya yang menyangkut transparansi penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau terus dilakukan.

Oleh karena itu penetapan harga TBS di Riau telah didukung dan dikawal oleh Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau melalui Program Jaga Pertanian, Perekonomian dan Perindustrian (Jaga Zapin).

"Kita juga telah menindaklanjuti melalui MoU dengan seluruh Bupati dan Kejaksaan Negeri (Kajari) se Provinsi Riau," kata Plt Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Pekanbaru, Ahad (5/11/2023) malam.

Mantan Komandan Korem 031/Wira Bima itu menilai dengan adanya Program JAGA ZAPIN ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Riau dengan dinikmatinya harga TBS yang lebih stabil dan selalu lebih tinggi dari Provinsi lainnya di Indonesia.

"Sehingga Program ini sangat disambut baik oleh seluruh kalangan terutama pekebun kelapa sawit," ujarnya.

Sebagai informasi, Program Jaga Zona Pertanian, perekonomian dan industri sawit (Jaga Zapin) merupakan salah satu inovasi Kejaksaan Tinggi Riau dalam mengawal stabilitas harga hasil pertanian, perkebunan dan industri secara komprehensif dan berkesinambungan.

Program Jaga Zapin ini dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama para petani sawit dan juga wujud pelaksanaan tugas dan fungsi Kejaksaan.

Program Jaga Zapin merupakan kerja sama antara Kejaksaan Tinggi Riau dengan Dinas Perkebunan Provinsi Riau serta Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO).

Program Jaga Zapin lebih diperluas bukan hanya terkait hulu-hilir sawit. Sebab Jaga Zapin adalah jaga zona pertanian perekonomian dan industri, yang merupakan upaya menjaga kestabilan dan ketahan ekonomi Riau yang memiliki Julukan Bumi Melayu Lancang Kuning.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan