News

BPBD: Pekanbaru Dikelilingi Daerah Berpotensi Kebakaran Lahan

 

SUARA PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai kabut asap yang masih bisa terjadi akibat kiriman dari wilayah tetangga.

Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan, memang saat ini Pekanbaru tidak diuntungkan dengan letaknya yang strategis. Karena letak strategisnya dari Pekanbaru itu sendiri berada di tengah Provinsi Riau.

"Dimana sekelilingnya itu adalah daerah yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan juga hutan. Ini kita harus tetap waspadai kabut asap tersebut," kata Zarman Candra, Selasa (17/10).

Menurutnya, walaupun saat ini kualitas udara di Kota Pekanbaru sudah semakin membaik atau berada di level sedang, namun Pemerintah Kota (Pemko) tetap mewaspadai kabut asap kiriman dari daerah tetangga.

Hal ini mengingat untuk kabut asap di Pekanbaru sebelumnya juga adalah kiriman dari daerah lain. Namun, demikian pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak terkait atas dampak yang ditimbulkan.

"Untuk kualitas udara saat ini alhamdulillah memang sudah semakin membaik. Namun ini harus tetap kita waspadai jika asap itu dibawa angin," jelas Zarman.

Ia menilai, memang untuk kebakaran hutan dan lahan di Kota Pekanbaru diupayakan untuk diminimalisir dengan upaya-upaya pencegahan.

"Yang terpenting juga adalah apa yang disampaikan atau dianjurkan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kota. Bagaimana kita selalu berperilaku hidup sehat ini yang menjadi slogan dan jargon yang kita sampaikan ke masyarakat yang ada di Pekanbaru," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan