News

Dinsos Klaim Pemko Pekanbaru Sudah Salurkan Rp492 Juta Santunan Kematian

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat, sepanjang 2023 ini sudah menyalurkan santunan kematian sebesar Rp492 juta.

"Hingga saat ini sudah 492 masyarakat yang kita bantu. Mereka menerima santunan kematian sebesar Rp 1 juta untuk satu orangnya," kata Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag, Senin (16/10).

Ia menyampaikan, ratusan warga penerima santunan kematian tersebut merupakan ahli waris dari keluarga kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Namun apabila tidak terdata (masuk DTKS), itu tetap kita bantu kalau seandainya dia memenuhi kriteria kemiskinan. Tapi segera kita usulkan proses DTKS nya," ujar Idrus.
Disebutkannya, santunan kematian merupakan salah satu program prioritas Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP yang manfaatnya memang dirasakan langsung oleh warga penerima.

"Jadi, program ini sangat menyentuh ke masyarakat dan ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Setiap program bang Uun Menyapa selalu dapat apresiasi yang baik lah dari masyarakat," ucap Idrus.

Seperti diketahui, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP di 2023 ini menjalankan berbagai program prioritas salah satunya santunan kematian. Dalam program ini dialokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar.
Santunan kematian sendiri bertujuan meringankan beban atau biaya yang dibutuhkan oleh ahli waris dari keluarga kurang mampu untuk keperluan penyelenggaraan jenazah. Melalui program ini, ahli waris dari keluarga kurang mampu yang ingin mengajukan bantuan santunan kematian harus melapor terlebih dahulu ke RT, RW untuk dilanjutkan ke kelurahan hingga kecamatan setempat.

Setelah adanya laporan dari kecamatan, Dinsos Kota Pekanbaru kemudian akan menurunkan tim guna melakukan verifikasi untuk menentukan layak atau tidaknya ahli waris mendapat bantuan santunan kematian.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan