News

Antisipasi Kerugian Daerah, Ini Cara Pj Walikota Pekanbaru

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meluncurkan aplikasi Sistem Pengelolaan Data Kerugian Keuangan Daerah (Sirkuda), Senin (2/10).

Aplikasi yang dibuat oleh Inspektorat Kota Pekanbaru ini, diresmikan langsung oleh Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, S.STP, MAP di Ballroom lantai VI Gedung Utama, Kompleks Perkantoran Wali Kota Tenayan Raya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, seluruh kepala OPD, dan camat se-Kota Pekanbaru.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, aplikasi Sirkuda itu diluncurkan dalam upaya Pemko Pekanbaru mengurangi kerugian daerah. Ia menyebut, saat ini masih ada temuan-temuan di Pemko Pekanbaru.

 

Untuk itu, Ia berharap dengan aplikasi itu dapat meminimalisir kerugian daerah akibat temuan-temuan tersebut.

"Aplikasi ini diluncurkan untuk meminimalisir kerugian daerah. Dengan adanya aplikasi ini kita berharap, tentu niat baik kita agar kerugian daerah ini yang setiap hari, setiap minggunya, setiap bulannya, setiap tahunnya terus mengalami penurunan," terang Muflihun.

Orang nomor satu di Kota Bertuah ini menyebut, Pemko Pekanbaru dalam hal ini tengah mencoba perlahan, mengangsur agar terbebas dari kasus korupsi.

"Artinya, bagaimana Pemko ini mencoba pelan-pelan, mengangsur, bisa bebas yang namanya korupsi," jelas Muflihun.

Dalam launching aplikasi Sirkuda, Pemko Pekanbaru juga memberikan materi kepada kepala OPD, Camat terkait bagaimana mengantisipasi terjadinya kerugian daerah. Baik itu dari temuan, maupun bagaimana cara mengembalikan uang negara.

"Kita juga memberikan materi kepada OPD, mengedukasi, sosialisasi, bagaimana caranya mengembalikan uang negara. Hari ini Pemko ingin bagaimana bisa mengurangi temuan yang lama dan bisa mengurangi temuan yang akan datang," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan