News

Banyak Pelajar Riau Berprestasi, Gubri: Patut Diaspirasi

 

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengaku sangat bangga atas prestasi-prestasi yang telah diraih siswa/i Riau, karena atas capaian prestasi yang diperoleh dapat mengharumkan nama Bumi Melayu Lancang Kuning ditingkat nasional maupun internasional.

"Mereka (siswa/i, red) yang berprestasi telah membuktikan bahwa kita mampu bersaing. Ini menjadi suatu kebanggaan dan patut di apresiasi," kata Syamsuar, Senin (18/9/2023).

"Saat ini saya bangga bahwa provinsi Riau sudah setara dengan provinsi-provinsi di Jawa," imbuh orang nomor satu di Bumi Melayu Lancang Kuning.

Ia menjelaskan bahwa Riau saat ini menduduki peringkat 7 nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional 2023, dengan perolehan 6 medali emas di tingkat SD, SMP, dan SMA. Sama dengan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selanjutnya juga prestasi siswa-siswi dari Provinsi Riau yang sukses meraih peringkat 5 Nasional dalam Kompetensi Sains Madrasah (KSM) 2023. Provinsi Riau berhasil mengumpulkan 3 medali emas, 2 medali perak, dan 5 medali perunggu. Sehingga total perolehan medali sebanyak 10 medali.

"Tak hanya di tingkat nasional, Siswa Riau juga mampu bersaing di tingkat internasional," ucap syamsuar.

Adapun yang di maksud orang nomor satu di Riau itu yakni Vannes Wijaya siswa SMAN 8 Pekanbaru. Pelajar ini sukses meraih medali perak di International Olympiad in Informatics (IOI) atau Olimpiade Komputer Internasional di Hungaria.

Sebelum sukses meraih medali perak IOI di Hungaria, tahun lalu juga terbaik kedua dunia saat lomba di Yogyakarta. Kini siswa yang berprestasi tersebut langsung diterima di Nanyang University Singapura tanpa tes.

Ia menilai, prestasi yang diraih siswa/i yang telah mengharumkan nama Riau dikancah nasional dan internasional tidak terlepas dari didikan guru yang telah mengajar dengan penuh kasih sayang. Oleh karena itu kedepannya mantan Bupati Siak dua periode itu berharap lebih banyak lagi siswa siswi di Riau yang berprestasi.

"Mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi pelajar kita yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan