News

Diikuti 10 Kabupaten, Festival Pangan Lokal di Riau Resmi Dimulai

 

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membuka Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu B2SA yang ditaja Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau di Halaman Gedung Dharmawanita Provinsi Riau, Selasa (19/9/2023).

Diinformasikan, Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) merupakan aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang, dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.

Festival ini diikuti oleh 10 kabupaten/kota se Provinsi Riau dengan menampilkan beragam olahan pangan lokal. Adapun tema yang diambil dalam kegiatan tersebut yakni "Kenyang Tidak Harus Nasi. Sehat Bahagia dengan Pangan Lokal".

Gubernur Syamsuar berharap dapat memantapkan kemandirian pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam (SDA) dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah,  misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun, dan lain-lain.

"Bagi masyarakat kami harapkan agar senantiasa melakukan upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, seperti berkaitan dengan produksi ketersediaan distribusi dan keamanan pangan terutama dalam menyikapi perkembangan terkini tingkat lokal nasional maupun internasional," jelas Gubri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Syahfalepi menyebut bahwa mengkonsumsi B2SA dengan pemanfaatan pangan lokal sangat penting diterapkan dalam pola hidup sehari-hari.

"Semoga Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu B2SA dapat berjalan lancar dan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menerapkan prinsip B2SA dengan memanfaatka  olahan pangan lokal," pungkas Syahfalepi.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan