News

Meriahkan HUT RI, Pejabat Pemko Pekanbaru Akan Gunakan Pakaian Adat

 

SUARA PEKANBARU - Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, akan mengenakan atau memakai pakaian adat daerah masing-masing pada upacara HUT ke-78 Republik Indonesia, 17 Agustus nanti.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, S.T, M.Si menyebutan, penggunaan pakaian adat di Hari Jadi ke-78 RI merupakan arahan langsung dari Pemerintah Pusat.

"Berkaitan dengan pakaian, memang ada anjuran dari Pemerintah Pusat untuk menggunakan pakaian adat daerah masing-masing," ucapnya, Selasa (15/8).

Untuk itu, kata Indra, nantinya seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian (kabag) dan para undangan diminta memakai pakaian adat masing-masing pada saat upacara bendera.

"Pokoknya pakaian adat masing-masing lah. Kalau mungkin nanti dari Medan, itukan ada pakaian adat Batak. Dari Mandailing ada pakaian adat Mandailing, dari Padang ada pakaian adat Minangkabau, kemudian dari Melayu sendiri ada Melayu. Kemudian dari Makasar pakai Makassar," ujarnya.

Khusus dirinya, disampaikan Indra jika ia berencana memakai penutup kepala dari adat Papua.

“Saya ini merah putih ya. Jadi saya ingin nanti kalau dapat, saya mau pakai penutup kepala adat Irian, Papua. Untuk pakaian menyesuaikan, mungkin saya pakai jas atasnya pakai penutup kepala asal Papua itu," tutupnya.

Sesuai jadwal, upacara bendera HUT ke-78 RI tahun 2023 akan digelar Pemko Pekanbaru di lapangan upaca komplek perkantoran terpadu walikota di Kecamatan Tenayan Raya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan