News

Dinsos Ungkap Beberapa Modus yang Digunakan Gepeng di Pekanbaru

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, terus melakukan razia rutin terhadap gelandangan dan pengemis (Gepeng). Tim dari Dinsos melakukan razia ke sejumlah ruas jalan dan persimpangan lampu merah di kota ini.

Ada beberapa modus yang dipakai para gepeng. Mulai dari yang langsung meminta, memakai kostum badut, menjadi manusia silver, membersihkan kaca mobil, sampai membawa anak bayi yang digendong.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Dr.H. Idrus, M.Ag menyebut, pihaknya sudah rutin melaksanakan operasi penertiban gepeng di berbagai persimpangan lampu merah. Gepeng yang terjaring dibawa ke shelter guna dilakukan pendataan.

"Satgas kami tiga kali dalam satu hari melakukan operasi gepeng ini. Mereka yang berhasil dijangkau oleh Satgas Dinas Sosial, diangkut ke shelter untuk dilakukan pendataan," terang Idrus, Selasa (8/8).

Usai dilakukan pendataan, lanjut Idrus, mereka yang terjaring diminta membuat surat pernyataan agar tidak kembali mangkal dan mengemis di jalanan.

Ia menuturkan, pihaknya sudah menggelar pelatihan terhadap gepeng yang terjaring. Usai pelatihan, mereka diberikan bantuan usaha berupa peralatan sesuai keahlian masing-masing.

Sementara itu, terkait adanya gepeng yang membawa anak saat mengemis, Idrus mengatakan pihaknya telah melakukan asesmen terkait hal tersebut. Hasilnya memang bayi yang selalu dibawa oleh gepeng tersebut adalah bayinya sendiri.

"Dari hasil asesmen Dinas Sosial memang katanya itu anak kandungnya sendiri. Karena tak ada yang jaga di rumah, makanya dibawa ke lampu merah, jadi nggak disewa. Itu pengakuan mereka," jelas Idrus.

Untuk diketahui, sepanjang tahun 2022, Dinas Sosial Kota Pekanbaru telah mengamankan gepeng sebanyak 245 orang. Dari jumlah tersebut sepertiganya adalah anak-anak.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan