News

Prakiraan Cuaca Riau Selasa 8 Agustus 2023

 

SUARA PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru merilis informasi prakiraan cuaca dan hotspot untuk wilayah Provinsi Riau pada Selasa, 08 Agustus 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna mengatakan bahwa pagi hari ini, cuaca diperkirakan akan cerah hingga berawan di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Siak. "Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah tersebut," kata Yasir Prayuna.

Menuju siang hari, cuaca di Provinsi Riau diprakirakan berawan hingga berawan. Sementara pada sore hingga malam hari, cuaca juga akan berawan hingga berawan.

"Sore hingga malam terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang diperkirakan akan terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Dumai," jelasnya.

Selanjutnya, suhu udara di Provinsi Riau diperkirakan akan berkisar antara 24.0 hingga 34.0 °C, dengan tingkat kelembapan udara mencapai 55 hingga 98 persen. Angin berembus dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 30 km/jam.

"Untuk prakiraan gelombang laut di perairan Riau menunjukkan ketinggian gelombang berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter (kondisi rendah)," jelasnya.

Selain itu, BMKG juga melaporkan jumlah hotspot di Pulau Sumatera. Pada tanggal 08 Agustus 2023, total 173 hotspot terdeteksi di seluruh pulau. Provinsi Riau mencatat 38 hotspot, dengan sebaran terbanyak terdapat di Kabupaten Pelalawan.

Berikut adalah jumlah hotspot di wilayah-wilayah di Provinsi Riau, Kabupaten Rokan Hulu 2 hotspot, Rokan Hilir 2 hotspot, Kampar 2 hotspot, Kuantan Singingi 2 hotspot, Pelalawan 12 hotspot, Bengkalis 4 hotspot, Siak 4 hotspot, Indragiri Hulu 5 hotspot dan Indragiri Hilir 5 hotspot.

BMKG Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca dan potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Riau.

"Pastikan selalu memperhatikan perkiraan cuaca terbaru sebelum melakukan aktivitas di luar rumah," tukasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan