News

Begini Cara Dinsos Pekanbaru Tekan Angka Kemiskinan

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Sosial Pekanbaru terus berupaya mengurangi tingkat kemiskinan.

Selain lewat kebijakan pemerintah, seperti bantuan sosial untuk melindungi masyarakat miskin dan rentan miskin, Dinas Sosial Kota Pekanbaru juga memberikan pelatihan terhadap gelandangan, pengemis atau penyandang disabilitas yang dijaring diberbagai ruas jalan kota Pekanbaru.

Belum lama ini, seperti diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag, Rabu (5/7), pihaknya memberikan pelatihan kepada 40 gelandangan, pengemis atau penyandang disabilitas yang berhasil dijangkau dari berbagai ruas jalan.

"Kita terus melakukan berbagai upaya dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Gelandangan, pengemis atau penyandang disabilitas yang meminta-minta dijalanan, yang berhasil kita jangkau, kita bawa ke shelter dan kita asesmen atau dilakukan pendataan," terang Idrus.

"Mereka yang sudah di data ini kita berikan pelatihan sesuai dengan keahliannya masing-masing. Ada sekitar 40 orang yang sudah kita latih. Pelatihan kita laksanakan selama dua hari di Hotel Alfa belum lama ini," imbuhnya.

Dengan adanya pelatihan dan bantuan modal usaha berupa mesin cuci, gula, tepung dan lainnya untuk menjalankan usaha, Kepala Dinas Sosial Idrus berharap, mereka yang sudah diberi pelatihan tidak kembali kejalanan.

"Kita sudah instruksikan tim monitoring dan evaluasi untuk melakukan pemantauan terhadap usaha yang sudah dijalankan. Mereka ini sudah diberi pelatihan dan modal usaha. Pemantauan dilakukan agar mereka tidak kembali kejalanan dan mengemis," ucap Idrus.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan